Wah, hari 14. Hmmmm, tadi pagi ngapain aja ya? Oh iya, perihal melatih kemandirian anak masih berproses, kadang mudah, kadang menantang. Ya begitulah prosesnya, namun dalam perjalanan ada saja hal-hal unik dan lucu yang lebih menarik hati saya untuk menceritakan.

Tadi pagi Afif ikut papa beli sarapan, di tempat suami biasa beli sarapan itu ada jual donat. Afif suka donat, jadi yang sering terjadi itu, donat belum sempat dipacking dan dibayar, si bocil udah teriak-teriak narik tangan si papah biar dikasih donat. Dikasih, tapi ga peduli lagi mai pake tangan apa, dan tangan kiri selalu duluan. Tapi bersyukur karena papahnya Afif juga sangat mendukung latihan kemandirian ini, jadi berbagai cara dikerahkan untuk mengusahakannya.

Kejadian lucu itu adalah ketika menjelang tidur siang. Jadi, Afif punya sebuah bantal kecil (bukan bantal bayi) yang sangat ia sayang. Selama di dalam rumah, itu bantal dibawa ke mana-mana. Ke dapur, makan, main, si bantal ikut. Udah gitu kalau liat papa atau bundanya yang pake itu bantal, langsung deh ditarik, mana tenaganya kuat pula. Super ini bayi mah.

Nah sebelum bobok siang, sarung bantalnya itu mau saya ganti dan saya minta izin minjam bantal itu sama yang punya. Dikasih iya, tapi ditungguin. Afif terus memperhatikan dan saat sarung bantalnya dilepas kemudian saya taruh itu di lantai, lalu Afif langsung mengambil sarung itu dengan muka curiga, mengangkatnya, mengibas-ngibaskannya, kemudian menangis kesal karena bantalnya jadi aneh, alias kempes dan hilang. Saya pun spontan tertawa sambil buru-buru memasang sarung bantal baru lalu menunjukkannya ke Afif. Eh dia senyum-senyum dan memeluk bantal tersebut sambil beranjak tiduran di atas kasur.

Sambil mendengarkan hafiz doll seraya memeluk si bantal kesayangan, Afif akhirnya tidur.

Masyaallah nak, meleleh hati ini. Sedemikian manis ungkapan sayang dedek ke bantal ya, semoga sama bunda rasa sayangnya lebih besar dari bantal ya nakā€¦!

#Harike14
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian