Tanggal 30 besok usia Afif menginjak 20 bulan, yeay! Bayi yang mau beranjak menjadi anak-anak ini akan diajak bermain games dalam tantangan 10 hari menemukan matematika logis di sekitarnya. Yes, finding math around us. Matematika ternyata tidak melulu soal hitung-hitungan, dan matematika amat sangat dekat dengan kehidupan kita, kita gunakan sehari-hari, termasuk anak si kecil yang mulai menemukan matematika, tanpa disadarinya. Ya iyalah ya, wong anaknya masih bayik..

Apa yang ditemukan si kecil hari ini? Tepatnya, unsur matematis apa yang terdeteksi dan mampu diidentifikasi oleh bunda? Nah, siang ini Afif memainkan blok-blok berbagai ukuran, sebenarnya belom banyak ukuran sih, namun bentuk yang berbeda sudah mampu dideteksi oleh si kecil. Contohnya blok ini

 

Teman-teman bisa melihat 3 blok yang paling berbeda tingginya dengan yang lain. Uniknya, Afif paling suka dengan 3 balok yang berbeda itu, selalu satu blok, dua, atau ketiganya yang dimainkan olehnya. Apa yang Afif lakukan dengan blok yang berbeda itu?

See

Saya tidak tau pasti imajinasi seperti apa yang ada dalam pikirannya, namun setiap kali menemukan blok tersebut, seketika ia membawanya ke belakang rumah, tempat di mana saya biasa mencuci pakaian. Di sana terdapat sebuah ember yang biasanya terisi air, dan ia segera mencelupkan blok tersebut ke dalamnya, mengaduk-aduk air, dan akhirnya air yang tertampung dalam blok tersebut diminum. Hmmm.. blok tersebut diperlakukan layaknya gelas yang unik dan spesial baginya. Saya segera mengalihkan perhatiannya agar ia tidak terus-terusan minum air tersebut.

Dari aktivitas ini, saya menemukan matematika di sekitar kita. Pengenalan ukuran dan pola perilaku yang seakan diperhitungkan berdasar dari imajinasi anak-anak.