Setelah sibuk dengan cuciannya (bocah bantuin emaknya nyuci) si kecil bermain kembali dengan mainannya. Iya, mainan yang sesuai dengan usianya. Hehe..

Ternyata si kecil ini jika bermain, suka sambil mendengarkan sesuatu. Salah satunya suara dari hafiz doll, baik itu lagu, kisah rasul, murattal, kosakata, dan suara hasil rekamannya sendiri yang bising dan sangat tidak jelas. Entah kenapa ia suka sekali memilih suara rekaman tersebut. Masalahnya begini, eh bukan masalah ding, tantangan kali ya.. Afif sekarang sudah mahir mengatur volume suara HD tersebut.

Tadi sore, ia menulis (mencoret-coret) kertas, dinding, dan sprei sambil mendengarkan hafiz doll, untung kali ini bukan suara rekaman, tapi volume suaranya full. Beberapa kali saya suruh ia mengurangi suara musiknya, tapi malah ditukar ke rekaman. Akhirnya saya kecilkan volume suara hafiz doll-nya secara diam-diam. Eh, ternyata ia sadar dan membesarkan lagi, kemudian ia lanjut bermain.

Saya ulangi lagi secara diam-diam dan perlahan, eh ternyata doi ngeh. Berkali-kali berulang, akhirnya terpikir akan sesuatu. Aha! Afif mampu mengukur intensitas suara.