Tema tantangan kali ini adalah cerdas finansial, tujuannya adalah melatih kecerdasan anak dalam keuangan sedini mungkin, namun bagi kami hal ini belum memungkinkan mengingat usia si kecil yang belum genap 2 tahun. Saya setuju dengan tema ini, ya sedini mungkin memang hal ini penting dilatih. Nah dengan kondisi yang ada, maka tantangan ini lebih cocok diterapkan pada kami sebagai orang tua, yang juga sedang belajar mengatur keuangan dengan baik sehingga nantinya bisa segera diterapkan pada anak.

Bertepatan dengan momen lebaran yang belum lama berlalu, banyak sekali evaluasi mengenai pengeluaran menjelang lebaran tersebut. Beberapa bulan sebelumnya kami sudah mulai menerapkan perencanaan keuangan setiap bulannya, membagi-bagi jatah pengeluaran menjadi 5 minggu, dan ini cukup efektif. Namun ternyata godaan yang cukup besar, baik itu promo ramadhan, kue lebaran, pakaian, alokasi THR, dll justru membuat kami kecolongan.

Evaluasi yang dilakukan saya catat dalam buku khusus, setidaknya agar hal ini tidak terulang lagi di tahun depan.. hehe.. Insyaallah. Banyak sekali pelajaran penting dari hasil evaluasi belanja lebaran, saya perlu menerapkan cara yang lebih kreatif dan bijak sehingga bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.