Hari kedua game level 8 ini saya mau nyelipin evaluasi dan pelajaran supaya tahun depan dan untuk hari apapun, kecolongan bisa semakin diminimalisir. Hal-hal yang bagi saya penting dan perlu dicatat, diantaranya adalah:

  1. Urusan baju lebaran harus selesai sebelum ramadhan. Selain bisa mengacaukan fokus ibadah, godaan sale, waktu dan tenaga (apalagi uang) bisa habis tanpa sadar karena kelonggaran toleransi.
  2. Urusan kue lebaran, hanya membeli atau menempah pada orang yang sudah terpercaya, bikin sendiri, atau minta bikinin sama keluarga. Ini menjadi penting karena untuk pertama kalinya kemarin nekat beli kue lebaran di tengah keramaian, dan ternyata pas coba rasanya agak tengik (pengalaman pertama langsung buruk) hiks.. pengalaman lainnya beli ke orang yang jualannya laris, ngaku baru bikin kue dan bikin sendiri serta menggunakan bahan-bahan terbaik. Memang rasanya enak dan anak sangat suka, namun tak lama mencret berhari-hari. Tentu ada bahan yang tidak baik. Buang-buang duit juga khan.. Akhirnya kiriman dari kampung juga yang diandalkan. (Efek belum bisa bikin kue kering lebaran dan wajib segera belajar nih).
  3. Pisahkan biaya tak terduga, apalagi jika ada rencana pulkam, nikahan kerabat dan lainnya. Tegaskan alokasi dana tiket, persiapan pulang dan hal penting  lainnya.
  4. Jika harus membeli perabotan, dari awal harus tegas dengan kisaran harga yang sudah disepakati. Jangan keseringan ke inf*rma.. hihi
  5. Asingkan sejumlah uang yang benar-benar tidak boleh dipakai dalam momen lebaran. Setelah lebaran pasti ada rencana lain yang jika dikasih kendor, maka semuanya kacau.

Itulah kira-kira sebagian catatan penting yang menjadi pelajaran pada momen ramadhan dan lebaran yang baru lewat. Semoga selanjutnya bisa lebih baik..

Sampai jumpa pada pembahasan mengatur keuangan bulanan, dana mainan anak, dan lain-lain..